*NGAJI KITAB FIQH FATHUL QORIB*
Karya Syekh Muhammad Ibnu Qosim Al Ghazziy
syarah Taqrib karya Imam Abu Thoyyib / Abu Suja' Ahmad bin Husain bin Ahmad Al Ashfihany.

{فصل} في فروض الوُضوء.
Fasal tentang fardlu fardlunya wudlu.

 وهو بضم الواو - في الأشهر - اسم للفعل، وهو المراد هنا؛ وبفتح الواو اسم لما يتوضأ به. ويشتمل الأولُ على فروض وسُنَن.
Lafadz wudlu dengan di dlomah wawunya menurut pendapat yang lebih masyhur adalah nama pekerjaan wudlu. dan itu yang di maksud di sini. dan dengan fathahnya wawu (wadlu') adalah air yang di gunakan untuk wudlu.
dan wudlu itu meliputi kewajiban2 dan kesunnahan2.

وذكر المصنف الفروض في قوله: (وفروض الوضوء ستة أشياء): أحدها (النية).
Mushonnif menyebutkan fardlu2 nya wudlu dalam dawuhnya : (fardlu2nya wudlu itu ada 6) yaitu :
1. Niat.

  وحقيقتها شرعا قصد الشيء مقترنا بفعله؛ فإن تراخى عنه سمي عزما.
Hakikat niat menurut syara' adalah menghendaki sesuatu bersamaan dengan melakukannya. jika menghendaki tapi belum melakukan di sebut 'azm (rencana).

وتكون النية (عندَ غسل) أول جزء من (الوجه) أي مقترنة بذلك الجزء، لا بجميعه، ولا بما قبله، ولا بما بعده؛
dan niat itu ketika membasuh awal bagian dari wajah. maksudnya bersamaan dengan dengan awal bagian wajah tersebut bukan bersamaan dengan membasuh semua wajah, juga bukan sebelum atau sesudah membasuh wajah.

 فينوي المتوضئ عند غسل ما ذُكر رفعَ حدث من أحداثه،
Orang yang wudlu harus berniat menghilangkan hadats.

 أو ينوي استباحة مفتقر إلى وضوء،
atau berniat supaya di perbolehkan melakukan sesuatu yang membutuhkan wudlu.

 أو ينوي فرض الوضوء،
atau niat melakukan fardlunya wudlu.

 أو الوضوء فقط،
atau niat wudlu saja.

 أو الطهارة عن الحدث.
atau niat bersuci dari hadats.

 فإن لم يقل عن الحدث لم يصحَّ.
jika hanya niat bersuci tanpa di sertai "dari hadats" maka tidak sah.

 وإذا نوى ما يعتبر من هذه النيات وشرك معه نية تنظف أو تبرد صحّ وضوؤه.
jika dia telah melakukan niat sebagaimana yang di anggap/di syaratkan di atas dan dia juga sekaligus berniat bersih2 atau niat supaya dingin / adem / segar maka sah wudlunya.

(و) الثاني (غسل) جميع (الوجه).
2. Membasuh wajah.

 وحَدُّه طولاً ما بين منابت شعر الرأس غالبا، وآخر اللحيين؛ وهما العظمان اللذان ينبت عليهما الأسنان السفلى، يجتمع مقدمهما في الذقن، ومؤخرهما في الأذن.
batasan wajah dari segi panjagnya adalah antara tempat tumbuhnya rambut kepala pada umumnya dan bagian bawah dari tulang dagu. tulang dagu adalah 2 tulang yang di bawah gigi yang bawah dan bagian depan tulang itu bertemu di dagu (janggut) dan bagian belakangnya di 2 telinga.

 وحدُّه عرضا ما بين الأذنين.
dan batasan wajah dari segi lebarnya adalah antara 2 telinga.

وإذا كان على الوجه شعرٌ خفيف أو كثيف وجب إيصال الماء إليه مع البشرة التي تحته.
dan jika di wajah terdapat rambut yang tipid atau tebal maka wajib menyampaikan air padanya bersama kulit yang ada di bawahnya.

وأما لحية الرجل الكثيفة بأن لم يرَ المخاطبُ بشرتَها من خلالها فيكفي غسل ظاهرها،
Adapun jenggot yang tebal yaitu yang kulitnya tidak terlihat dari sela sela jenggot oleh lawan bicara maka cukup di basuh bagian luarnya saja.

 بخلاف الخفيفة، وهي ما يرى المخاطب بشرتها، فيجب إيصال الماء لبشرتها،
berbeda dengan jenggot yang tipis yaitu yang kulitnya terlihat oleh lawan bicara maka wajib menyampaikan mengalirkan) air pada kulit.

 وبخلاف لحية امرأة وخنثى، فيجب إيصال الماء لبشرتهما ولو كثفا.
dan berbeda dengan jenggotnya perempuan dan banci, maka wajib menyampaikan air pada kulit walau jenggot mereka tebal.

ولا بد مع غسل الوجه من غسل جزء من الرأس والرقبة وما تحت الذقن.
dan ketika membasuh wajah harus sebagian dari kepala, leher dan anggota di bawah janggut.

(و) الثالث (غسل اليدين إلى المِرْفَقين).
3. Membasuh 2 tangan sampai 2 sikut.

فإن لم يكن له مرفقان اعتبر قدرهما.
jika orang yang wudlu tidak punya 2 sikut maka harus di kira2kan pisisi sikut.

 ويجب غسل ما على اليدين من شعر وسلعة وأصبع زائدة وأظافير.
dan wajib membasuh apa yang ada di 2 tangan yaitu rambut, uci2, jari lebih dan kuku.

 ويجب إزالة ما تحتها من وسخ يمنع وصول الماء.
dan wajib menghilangkan kotoran yang ada di bawah kuku.

(و) الرابع (مَسْحُ بعض الرأس) مِن ذَكر أو أنثى أو خنثى؛ أو مسح بعض شعر في حد الرأس.
4. Mengusap sebagian kepala bagi laki2, perempuan maupun banci. atau mengusap sebagian rambut yang ada di dalam batas (area) kepala.

ولا تتعيَّن اليد للمسح، بل يجوز بخرقة وغيرها.
dan yang di gunakan untuk mengusap itu tidak harus tangan. tapi boleh dengan sapu tangan dll.

ولو غسل رأسه بدل مسحها جاز
dan seandanye mutawadli membasuh kepala sebagai ganti dari mengusap maka boleh.
ولو وضع يده المبلولة ولم يحرّكها جاز.
dan seandainya dia meletakkan tangannya yang di basahi dan tidak menggerak gerakkannya maka boleh.

(و) الخامس (غسل الرجلين إلى الكعبين) إن لم يكن المتوضئ لابسا للخفين؛
5. Membasuh 2 kaki sampai 2 mata kaki jika tidak pakai 2 muzah.

 فإن كان لابسهما وجب عليه مسح الخفين أو غسل الرجلين.
jika pakai 2 muzah maka wajib mengusap 2 muzah atau membasuh 2 kaki.

 ويجب غسل ما عليهما من شعر وسلعة وأصبع زائدة كما سبق في اليدين.
dan wajib membasuh apa yang ada di 2 kaki yaitu rambut, uci2 dan jari tambahan sebagaimana pada 2 tangan.

(و) السادس (الترتيب) في الوضوء (على ما) أي على الوجه الذي (ذكرناه) في عد الفروض.
6. Tertib (urut) dalam wudlu sesuai yang telah kami sebutkan dalam hitungan fardlunya wudlu.

 فلو نسي الترتيب لم يكف. ولو غسل أربعة أعضائه دفعةً واحدة بإذنه ارتفع حدث وجهه فقط.
seandainya dia lupa tertib (urut) maka tidak sah.
dan seandainya dia membasuh 4 anggota wudlunya satu kali dengan ijinnya maka yang hilang hanya hadatsnya wajah.

(وسننه) أي الوضوء (عشرة أشياء)، وفي بعض نسخ المتن: «عشر خصال»:
Sunnah sunnah wudlu ada 10 perkara.
dalam sebagian redaksi pakai lafadz "asyru khisholin (10 perkara).

 (1 التسمية) أوَّلَه. وأقلها بسم الله، وأكملها بسم الله الرحمن الرحيم؛
1. Membaca basmalah di awal wudlu. paling sedikitnya adalah "bismillaah" dan paling sempurnanya adalah "bismillaahirrohmaanirrohiim".

 فإن ترك التسمية أوَّلَه أتى بها في أثنائه؛ فإن فرغ من الوضوء لم يأت بها.
jika orang yang wudlu lupa membaca basmalah di awal wudlu maka dia sunnah membaca di tengah2 wudlu. tapi jika sudah terlanjur selesai wudlunya maka tidak di sunnahkan basmalah.

(وغسل الكفين) إلى الكوعين قبل المضمضة، ويغسلهما ثلاثا إن تردد في طهرهما (قبل إدخالهما الإناءَ) المشتمل على ماء دون القلتين؛
2. Membasuh 2 telapak tangan sampai 2 pergelangan sebelum berkumur. dan sunnah membasuh 3x jika dia ragu2 dalam kesucian telapak tangannya. membasuh telapak tangan itu sebelum memasukkannya ke dalam wadah air yang airnya kurang dari 2 qullah.

 فإن لم يغسلهما كره له غمسهما في الإناء،
jika dia belum membasuh 2 telapak tangannya maka di makruhkan memasukkannya ke dalam wadah air.

 وإن تيقن طهرهما لم يُكرَه غَمسُهما.
tapi jika dia yakin kesucian 2 telapak tangannya suci maka tidak makruh memasukkannya ke dalam wadah air.

(والمضمضة) بعد غسل الكفين.
3. Berkumur setelah membasuh 2 telapak tangan.

 ويحصل أصل السنة فيها بإدخال الماء في الفم سواء أداره فيه ومجه أم لا؛ فإن أراد الأكمل مجه.
asal kesunnahan berkumur bisa di peroleh dengan memasukkan air ke dalam mulut. baik di putar2 dan di keluarkan atau tidak. jika ingin lebih sempurna maka di muntahkan.

(4 والاستنشاق) بعد المضمضة.
4. Menghisap air ke hidung setelah berkumur.

 ويحصل أصل السنة فيه بإدخال الماء في الأنف، سواء جذبه بنفسه إلى خياشيمه ونثره أم لا؛ فإن أراد الأكمل نثره.
asal kesunnahan menghisap air ke hidung bisa di peroleh dengan memasukkan air ke hidung. baik di hisap ke janur hidung lalu di keluarkan atau tidak. jika ingin lebih sempurna maka di keluarkan / di semprotkan.

والمبالغة مطلوبة في المضمضة والاستنشاق.
melakukan dengan sangat dalam berkumur dan menghisap air ke hidung itu di perintahkan

 والجمع بين المضمضة والاستنشاق بثلاث غرف يتمضمض من كل منها ثم يستنشق أفضل من الفصل بينهما.
dan mengumpulkan berkumur dan menghisap air ke hidung dengan 3 cidukan air dengan melakukan keduanya dengan setiap cidukan itu lebih utama dari pada memisah antara keduanya.

(ومسح جميع الرأس) وفي بعض نسخ المتن «واستيعاب الرأس بالمسح». أما مسح بعض الرأس فواجب كما سبق.
5. Mengusap seluruh kepala. dalam sebagian redaksi kitab matan taqrib kalimatnya "meratai kepala dengan usapan".
Adapun mengusap sebagian kepala maka hukumnya wajib sebagaimana keteranga yang telah lewat.

ولو لم يرد نزع ما على رأسه من عمامة ونحوها كمل بالمسح عليها.
jika orang yang wudlu tidak ingin melepas tutup kepala seperti surban dll maka dia boleh menyempurnakan usapan pada tutup kepala itu.

(ومسح) جميع (الأذنين ظاهرهما وباطنهما بماء جديد) أي غير بلل الرأس.
6. Mengusap seluruh telinga luar dan dalam dengan air yang baru (selain air bekas mengusap kepala).

والسنة في كيفية مسحهما أن يدخل مسبحتيه في صماخيه ويديرهما على المعاطف، ويمرّ إبهاميه على ظهورهما، ثم يلصق كفيه، وهما مبلولتان بالأذنين استظهارا.
Kesunnahan dalam tata cara mengusap 2 telinga adalah memasukkan jari telunjuk ke dalam daun telinga dan memutarnya pada lekukan2 telinga dan menjalankan 2 jempol pada telinga bagian luar kemudian menempelkan 2 telapak tangan yang di basahi pada 2 telinga supaya lebih merata.

(وتخليل اللحية الكَثَّة) بمثلثة من الرجُل؛
7.Menyela nyelai jenggot yang tebal. untuk jenggotnya laki laki.

 أما لحية الرجل الخفيفة ولحية المرأة والخنثى فيجب تخليلهما.
adapun jenggotnya laki2 yang tipis dan jenggotnya perempuan dan banci maka WAJIB di sela selai.

وكيفيته أن يُدخِل الرجلُ أصابعه من أسفل اللحية.
dan tata cara menyela nyelai jenggot adalah dengan memasukkan jari2 tangan dari jenggot bagian bawah.

(وتخليل أصابع اليدين وَالرِّجلين) إن وصل الماء إليها من غير تخليل؛
8. Menyela nyelai jari jari 2 tangan dan jari jari 2 kaki jika air bisa sampai ke situ tanpa di sela selai.

 فإن لم يصِل إلا به - كالأصابع الملتفة - وجب تخليلها؛
jika tidak bisa sampai ke situ kecuali dengan di sela selai seperti jari2 lang lengket maka wajib menyela-nyelainya.

 وإن لم يتأت تخليلها لالتحامها حرم فتقُها للتخليل.
jika tidak bisa di sela selai karena lengket maka haram untuk menyobeknya untuk di sela selai.

وكيفية تخليل اليدين بالتشبيك،
 والرِجلين بأن يبدأ بخنصر يده اليسرى من أسفلِ الرِّجل مبتدئا بخنصر الرِجل اليمنى خاتما بخنصر اليسرى.
Tata cara menyela-nyelai 2 tangan adalah dengan tasybik (saling menjaring) . dan untuk kedua kaki adalah di mulai dengan menggunakan jari kelingking tangan kiri dari arah bawah kaki di mulai dari jari kelingking kaki kanan dan di akhiri jari kelingking kaki kiri.

( وتقديم اليمنى) من يديه ورجليه (على اليسرى) منهما.
9. Mendahulukan anggota kanan dari 2 tangan dan 2 kaki atas anggota kiri dari keduanya.

 أما العضوان اللذان يسهل غسلهما معا كالخدين فلا يقدم الأيمن منهما، بل يطهران دفعة واحدة.
adapun 2 anggota yang mudah di basuh secara bersama seperti 2 pipi maka tidak perlu mendahulukan yang kanan tapi di sucikan sekali (bareng).

وذكر المصنف سنية تثليث العضو المغسول والممسوح في قوله: (والطهارة ثلاثا ثلاثا).
10. Mushonnif kitab Taqrib menyebutkan sunnahnya mengulangi 3x anggota yang di basuh dan di usap dengan dawuhnya :
"dan bersuci 3 kali 3 kali".

 وفي بعض النسخ «والتكرار» أي للمغسول والممسوح،
dan dalam sebagian redaksi kalimatnya "dan mengulang ngulang". maksudnya terhadap anggota yang di basuh dan yang di usap.

(والموالاة) ويعبر عنها بالتتابع؛
11. Langsung. dan di ungkapkan juga dengan lafadz "tatabu'" (langsung).

 وهي أن لا يحصل بين العضوين تفريقٌ كثير، بل يطهر العضو بعد العضو، بحيث لا يجفّ المغسول قبله مع اعتدال الهواء والمزاج والزمان.
Langsung adalah antara 2 anggota itu tidak ada tenggang waktu lama. akan tetapi membasuh 1 anggota setelah membasuh anggota sebelumnya ketika anggota sebelumnya itu belum kering dalam keadaan normalnya udara/cuaca suhu badan dan waktu.

وإذا ثلث فالاعتبار لآخر غسلة.
ketika seseorang membasuh 3x maka yg di anggap (kaitannya dengan langsung) adalah yang terakhir.

 وإنما تندب الموالاة في غير وضوء صاحب الضرورة؛ أما هو فالموالاة واجبة في حقه.
Di sunnahkannya langsung itu hanya pada selain wudlunya orang yang dalam keadaan darurat. adapun orang yg dalam keadaan darurat maka langsung itu wajib baginya.

 وبقي للوضوء سنن أخرى مذكورة في المطولات.
dan masih ada beberapa sunnah2 wudlu yang lain yang di sebutkan dalam kitab kitab yang besar.

والله اعلم بالصواب.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendaftaran Santri MMI Miftahul Huda Al Barkah

Hari Santri Nasional 22 Oktober 2022

puasa ramadhan